Kamis, 09 Juni 2011

Hadist Arba'in ke 2

Dari Umar ra, berkata : Pada suatu hari tatkala kami duduk bersama Rasulullah SAW tiba-tiba tampaklah seorang laki-laki kepada kami yang berpakaian sangat putih, berambut sangat hitam, tak terlihat sedikitpun padanya tanda-tanda bekas perjalanan dan diantara kami tidak ada yang mengenalnya. Lalu dia duduk dihadapan Nabi SAW kemudian dia merapatkan lututnya pada lutut nabi dan meletakkan kedua tapak tangannya di atas pahanya sendiri, seraya bertanya,  "Wahai Muhammad, terangkan padaku tentang Islam!"
Maka Rasulullah SAW menjawab,"Islam yaitu hendaklah kamu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, engkau mendirikan Shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan haji ke baitullah, jika engkau mampu melakukkannya". Orang itu berkata,"Engkau benar". Maka kamipun heran, dia yang bertanya kenapa dia pula yang membenarkannya.

Maka orang itu bertanya lagi,"Terangkan padaku tentang Iman!" Nabi SAW menjawab "Hendaklah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, kepada utusan-utusanNya(Rasul), kepada hari kiamat, dan kepada takdir yang baik dan yang buruk". Berkatalah orang tadi,"Engkau benar".

Dia bertanya lagi "Beritahukan kepadaku tentang Ihsan". Nabi menjawab "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya, jika engkau tidak bisa melihatNya, yakinlah bahwa Dia melihatmu". Orang itu bertanya lagi, "Jelaskan kepadaku tentang hari kiamat". Nabi SAW menjawab, "Orang yang ditanya tentang itu tidak lebih tahu dari yang bertanya". Selanjutnya orang itu bertanya lagi,"Kabarkan padaku akan tanda-tandanya". Nabi SAW menjawab "Yaitu seorang hamba telah melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang tak beralas kaki, pakainnya compang camping, miskin, dan penggembala kambing, mereka berlomba-lomba meninggikan bangunan".


Kemudian orang tersebut beranjak pergi. Sedangkan aku terdiam cukup lama. Kemudian Nabi SAW berkata kepadaku, "Wahai Umar, tahukan kamu siapa dia?"Aku menjawab,"Allah dan RasulNya lebih mengetahui".Nabi SAW bersabda "Dia adalah jibril, datang kepadamu untuk mengajarkan tentang agamamu"
(HR.Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar..