Rabu, 06 Juli 2011

The first visite...Articulatio cubiti

Pada zaman co as dulu (he...he..kayak cerita dongeng aja, pakai “pada zaman...”), setiap pagi para coas wajib datang duluan, apalagi di siklus bedah. Harus datang lebih dulu dari residen (yang lagi belajar spesialis). Kalau residen datang jam 08.00, coas harus datang jam 07.00 atau paling telat jam 07.30, karena para coas harus memeriksa pasien dulu ntar dilaporin sama uda/uni2 residen.Yang dilaporkan itu disingkat dengan istilah SOAP (Subjective, Objective, Assesment, and Planning).Kewajiban para coas adalah melakukan 2 hal pertama “S dan O”.Subjective yakni keluhan pasien saat ini, perbaikan keluhan awal ketika datang, keluhan sistem tubuh yang lain yang berhubungan dengan diagnosa pasien. Objective yakni kondisi pasien yang kita ukur sendiri diantaranya tanda-tanda vital (nafas, nadi, Tekanan darah,suhu) lanjut dengan pemeriksaan sistem2 tubuh yang yang lain (pernapasan, jantung,urianarius,dll). Kalau dibagian syaraf lebih banyaaak lagi...

Nah, disetiap bagian ada sub bagian lagi. Kalau dibedah ada 8 subbagian. Kalau dak salah: bedah digestif, bedah ortopedi, bedah onkologi, bedah urologi, bedah syaraf, bedah anak, bedah plastik, bedah thorak. Kesemua bagian umumnya visite residen jam 07.00 pagi jadi daku dan para teman-teman dokter muda (alias coas) datang jam 06.00 deh atau paling telat jam 06.30. Tapi kadang-kadang ada yang  terlambat juga, lewat jam 07.00 alias residen sudah datang duluan (he..he..). Tapi ternyata ada satu sub bagian sangat berbeda dari yang lain. VISITE KONSULEN jam 06.00. Apa?Oh my god. Di subbagian orthopedi pula. Oh no, kalau visite konsulennya jam 06.00, visite residennya jam berapa tuh? (Visite dan segala halnya berjenjang-jenjang, jadi koas->residen->konsulen).

Akhirnya daku dan teman-temanku yang sesubbagian datang jam 05.00 pagi/habis subuh,,Subuh-subuh udah ke RS (grr..dingin). Dalam satu sub bagian ada beberapa coas, banyaknya tergantung jumlah coas di bagian. Pada waktu itu daku berlima dengan teman-teman. Pasien dalam satu subbagian ada + 15-20 orang jadi daku megang 3 orang pasien (untunglah gak banyak) disubbagian lain bisa megang 5 pasien, malah lebih. Hari pertama, daku dan teman-teman sudah deg-degan nih (maklum disubbagian ini konsulennya agak galak,he..he, tapi sebenarnya baik). Kebetulan konsulen yang akan visite baru di bagian ini...Semua pasien sudah difollow up (istilahnya),kami saling bantu, yang udah selesai duluan bantuin teman yang belum, dan kebetulan residennya juga BAIK-BAIK BANGET. Duh senengnya...Sering bantuin juga, mana yang harus dikuasain sama konsulen ini, apa yang sering ditanya,residennya sering kasih bocoran.Siip!Tapi tetap deg-degan..

Konsulennya datang,eh..ternyata diluar dugaan!Konsulennya BAIIK banget, suaranya lembut kayak seorang kakak ngajari adiknya. Puih...terlepas lah semua beban dihati (he..he..). Pas visite pertama itu, beliau bertanya sama kami para dokter muda. Kebetulan pasiennya fraktur(patah tulang) di lengan bawah (lupa-lupa ingat nih). Sampai pada akhirnya beliau bertanya “Apa nama sendi siku,pergelangan tangan?” Sendi siku=articulatio cubiti. Sendi Pergelangan tangan=articulatio radiocarpalis. 

Pelajaran dasar!Don’t forget that.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar..